Minggu, 02 Juni 2013

AWS (Automatic weather station)


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan suatu instansi pemerintah yang bertugas memberikan pelayanan jasa di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika. Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut, BMKG melakukan pengamatan unsur-unsur cuaca baik secara manual maupun menggunakan peralatan yang otomatis. Peralatan pengamatan cuaca otomatis yang dioperasikan BMKG diantaranya adalah Automatic Weather Station (AWS)  atau Stasiun Cuaca Otomatis.

PENGERTIAN AWS
Automatic weather station adalah serangkaian sensor-sensor meteorologi yang disusun secara terpadu dan secara otomatis mencatat data–data meteorologi  (suhu, tekanan, kelembaban, penyinaran matahari, curah hujan, angin) yang kemudian menghasilkan pulsa - pulsa elektrik yang akan ditampung dan diubah dalam data logger sehingga dapat ditampilkan pada layar komputer atau translator.
AWS dipasang pada ketinggian 10 meter di atas permukaan tanah terbuka yang bebas dari hambatan. Sensor cuaca mengirimkan data realtime langsung ke display. Pencatatan data cuaca dapat diprogram sesuai kebutuhan, umumnya pencatatan data setiap 10 menit sekali. Data yang tersimpan di data logger dapat dipanggil menggunakan data collect (pengambilan data dari data logger ke komputer). Dalam AWS selain menggunakan listrik, juga menggunakan tenaga solar sel. Sehingga jika listrik padam, AWS tetap dapat digunakan.

TUJUAN PENGGUNAAN AWS
*        Menambah kepadatan jaringan yang ada dari data yang tersedia.
*        Mensuplay data cuaca di luar jam pengamatan.
*        Meningkatkan reliabilitas data hasil pengukuran karena menggunakan pengukuran secara digital.
*        Untuk menjamin keseragaman data, karena menggunakan cara pengukuran yang sama.
*        Membantu para observer pemula
*        Mengurangi human errors.
*        Memperkecil biaya operasi, karena sedikit menggunkan tenaga observer
*        Mendapatkan pengukuran dan pelaporan dengan frekuensi yang tinggi(banyak).
*        Membantu pengamatan di bidang klimatologi yang membutuhkan data dalam jangka waktu yang panjang.
  
TIPE-TIPE AWS
1.      Real time AWS
Real time AWS tidak hanya menyediakan data pengamatan dalam waktu yang telah ditentukan oleh penguna tetapi juga dala keadaan emergency. Data pengamatan AWS real time digunakan untuk pengamatan synoptic dan memonitor parameter penting seperti badai, banjir, air pasang dan tinggi permukaan laut.
2.      Off time AWS
Stasiun merekam data di cuaca dalam peralatan penyimpan data. Dalam hal ini observer diperlukan untuk menyimpan dan mengolah data. AWS tipe ini biasanya digunakan distasiun klimatologi dan untuk kepentingan penelitian atau survey.
Kedua jenis AWS ini tidak sepenuhnya berjalan secara otomatis. Parameter seperti past weather dan present weather, tinggi awan serta visibility, harus dimasukan secara manual.

1 komentar: