Minggu, 02 Juni 2013

Bagian- Bagian AWS (2)


4. SENSOR ANGIN (Anemometer
         Sensor angin yang menggunakan keluaran digital melalui serial port, dapat menampilkan (wind peak, wind averages 2/10 menit, wind direction dan kondisi ekstrim). Bentuk sensor seperti ini termasuk intelligent sensor . Penempatan yang baik untuk sensor angin, yaitu 10m di atas permukaan tanah. Dan jarak antara anemo dan hambatan adalah 10xh.
  Anemometer terdiri dari alat ukur arah angin dan kecepatan angin. Anemometer dirancang dengan 3 cup agar dapat merespon angin lemah dengan waktu respon yang cepat. Anemometer ini dapat  digunakan di situasi cuaca apapun. Dan hasil dari pengukuran berupa digital yang tampil pada layar komputer atau translator.

 PERAWATAN
Disarankan untuk melakukan pemeriksaan cup anemometer dan vane setiap tahun. Jika cup/vane tidak berotasi dengan lancar atau menciptakan suara yang berisik, harus diganti dengan yang baru.

5. SENSOR CURAH HUJAN

Desain alat ini menggunakan mekanisme tipping bucket yang memanfaatkan prinsip jungkat-jungkit untuk kemudahan dan efektifitas pengukuran hujan. Bila air dalam salah satu sisi jungkat-jungkit telah memenuhi batas, maka air di sisi tersebut akan dijatuhkan dan pena mulai mencatat.  Material dan ukuran bucket (timba) didesain khusus untuk pengeluaran air maksimum, dengan demikian diharapkan ada pengurangan kontaminasi dan kesalahan. Area penangkaran 200cm2 dan resolusi pengukuran 0.1 mm.
Menurut rekomendasi dari WMO, sensor hujan yang digunakan dalam AWS adalah tipe tipping bucket dengan sinyal keluaran berbentuk digital (pulsa) . Akurasi yang direkomendasikan adalah 5–10 %. Lubang gauge harus mendatar, menghadap keatas. Secara umum tidak boleh tertutup dari benda-benda dengan jarak 2xtinggi permukaan gauge. Tinggi tanaman harus dijaga supaya berada dibawah level lubang gauge dengan dipotong secara teratur.
Sensor hujan menggunakan tipping bucket dimana curah hujan yang diterima dihitung dengan menjumlahkan berapa banyak tipping yang dapat dihitung dimana tipping  ini akan membangkitkan pulsa tegangan. Ada beberapa jenis resolusi untuk tipping bucket, yaitu sebagai berikut :
Merk Pabrik
Luas Corong
V air 1mm
Nilai per tipping
V yang dituang
R.M Yuong Vaisala
200 cm2
20 cc
0,2 mm
4 cc
Meisei
314 cm2
31,4 cc
0,5 mm
15,7 cc
Ste Precis Mecanique
1000 cm2
100 cc
0,2 mm
20 cc

 PERAWATAN :
Untuk memastikan keakuratan pengukuran, pengecekan berikut harus dilakukan pada setiap rain gauge :
*        Periksa kerusakan pada waktu tertentu setiap tahun dan bersihkan dedaunan yang terkumpul di corong. Kotoran dan debu dapat menutup saringan dan dapat mengurangi aliran menuju bucket. Dedaunan dapat dengan mudah dipindahkan dari corong dan saringan dapat dibersihkan dengan cara memindahkan cup dari tabung filter. Pindahkan saringan secara hati-hati, bersihkan dan diganti dengan yang baru.
*        Bersihkan karat dari permukaan gauge. Permukaan gauge sangat mudah menjadi miring karena pergerakan tanah yang sedikit merusakan atau adanya perbuatan tangan jahil.
*        Pada kasus tertentu kadang raingauge tidak tersimpan atau tidak terhubung ke data logger. Untuk itu periksa keseimbangan lengan bucket. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan cara dengan mencoba untuk menyeimbangkan posisi tengah bucket. Setelah bucket seimbang periksa bucket dari kotoran atau debu atau gunakan pivot pin dan pipa bucket.
Catatan :  Jika gauge terhubung pada data logger dan logger sedang beoperasi,
hindari pemasangan mangkuk tipping.

6. SENSOR RADIASI MATAHARI
Solar Radiation
Sinyal keluaran sensor radiasi matahari berbentuk tegangan (analog), berdasarkan sinar dari matahari dan jenis yang digunakan adalah silicon photovoltaic cell . Akurasi yang direkomensikan 5%. Sensor radiasi matahari menggunakan silicon photovoltaic cell yang menerima panas matahari dan mengubahnya menjadi tegangan.Dimana besar kecilnya tergantung pada energi panas yang diterimanya. Pada belahan bumi utara sensor solar radiasi harus diinstal disisi selatan dari MAWS untuk menghindari struktur stasiun cuaca lain yang menghalangi sensor. Untuk memudahkan pemeliharaan dipasang pada ketinggian 3 m atau kurang.   

PERAWATAN
Jika perlu sensitivitas dari pyranometer dapat diatur. Ini dapat dilakukan dengan menyolder resistor antara tanda +( putih ) dan -( hitam ) dari kabel luar. Untuk pyranometyer standar resistor internal adalaH 47 Ohm dan kabel resistor adalah 0.12 ohm per meter. Kabel sepanjang 3 meter. Kabel resistor harus diperbanyak malalui 2, kabel + dan - . Total resisten adalah 47.7 ohm. Untuk mengurangi sensitivitas atas faktor 10, ketika 3 m kabel Shunt resistor dari 5.3 ohm dapat dibuat 1 dan sebuah resistor 4.3 ohm. Kebutuhan magnitudo atas sensitivitas tersebut adalah 10 µV/Wm-2 .
Rumus Umum untuk membuat trimming resistor faktor 10 adalah :
[ 47 + ( 0.24 x panjang kabel ) ] / 9
Panjang kabel dalam meter dan Resistor dalam Ohm.

7. PENGUKURAN TINGGI DASAR AWAN
Pengukuran tinggi dasar awan dengan menggunakan AWS dapat dilakukan dengan menggunakan pantulan sinar laser (ceilometer). Kesulitannya dalah pada saat prosesing sinyalnya yang secara otomatis dari sensor untuk pengukuran yang akurat tinggi dasar awannya. Kesulitan lainnya adalah alat ini hanya menjangkau sebagian kecil wilayah yaitu bagian langit yang tepat di atas sensor ini. Hal ini sangat berbahaya khususnya untuk penerbangan karena dapat menampilakn informasi yang salah.
Di Indonesia untuk tinggi dasar awan, belum ada alatnya untuk dipasang pada sebuah AWS, jadi pengamatan tinggi dasar awan harus dilakukan secara manual.

8. PENGUKURAN VISIBILITY
Visibility, jarak dapat ditentukan dengan transmissometer dan visibility meter. Transmissometer dengan akurasi yang tinggi lebih sering digunakan pada sebuah airport, sedangkan transmissometer dengan akurasi rendah (tentunya harganya juga murah) atau visibility yang telah terintegrasi biasanya digunakan pada AWS. Kedua tipe ini telah tersedia dalam versi battery-powered yang digunakan bilamana sumber listrik tidak tersedia. 
Di Indonesia untuk pengamatan visibility belum terdapat alat yang kompatibel dengan sebuah AWS, sehingga untuk visibility dilakukan pengukuran secara manual.

0 komentar:

Posting Komentar