Sabtu, 01 Juni 2013


 Hardware Wifi
Hardware wi-fi yang ada di pasaran saat ini ada berupa :
  1. PCI
  2. USB
  3. PCMCIA
  4. Compact Flash
Tipe Jaringan WiFi
Seperti halnya Ethernet-LAN ( jaringan dengan kebel ), jaringan wifi juga dikonfigurasikan ke dalam dua jenis tipe jaringan yaitu:
·         Jaringan Peer To Peer Atau Adhoc Wireless LAN
Computer dapat saling berhubungan berdasarkan nama SSID ( service set identifier ). SSID adalah nama identitas computer yang memiliki komponen nir kabel. Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point.
·         Jaringan Server Based Atau Wireless Infrstruktur
system  infrastruktur membutuhkan sebuah komponen khusus yang berfungsi sebagai access point. Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

 Keamanan Jaringan WiFi
Peralatan sinyal yang ditranmisikan oleh jaringan wifi menggunakan frekuensi secara bebas, sehingga dapat ditangkap oleh computer lain sesame user wifi. keamanan jaringan wifi secara umum terdiri dari nonsecure dan share key ( secure ):
·   non secure: computer yang mempunyai wifi dapat menangkap transmisi pancaran dari sebuah wifi dan langsung dapat masuk kedalam jaringan tersebut
·   share key; untuk dapat masuk ke jaringan wifi diperlukan kunci atau password, contohnya sebuah network yang menggunakan WEP.
·   selain menggunakan WEP, dapat ditambahkan WPA ( wifi protected access ).
·   membatasi akses dengan mendaftarkan MAC Address dari koomputer klien yang berhak mengakses jaringan.
Terdapat beberapa jenis pengaturan keamanan jaringan Wi-fi, antara lain:
1.      WPA Pre-Shared Key
2.       WPA RADIUS
3.      WPA2 Pre-Shared Key Mixed 
4.      WPA2 RADIUS Mixed 
5.      RADIUS 
6.      WEP

0 komentar:

Posting Komentar