Senin, 03 Juni 2013

Arsitektur Lapisan OSI


Model Referensi OSI  (Struktur Open System Interconnection)

  Kata “ open “ dalam singkatan OSI diatas dipilih untuk menegaskan kenyataan bahwa yang mengkonfirmasikan standart-standart internasional dimana sebuah system yang akan terbuka pada semua system yang mematuhi standart-standart yang sama diseluruh dunia.

Arsitektur Lapisan OSI (Open System Interconnection)

Ada 7 lapisan dalam OSI yaitu :

1. Physical Layer (Lapisan Pisik)

Lapisan ini menyediakan fungsi-fungsi elektrik dan procedure karakteristik dan sinyal yang diperlukan untuk mengaktifkan , mempertahankan dan endeaktifkan  sambungan phisik secara transparan melalui arus bit untuk komunikasi. Contoh lapisan phisik adalah : Interface V.24 ( untuk pelayanan Umum), X.21  ( untuk jaringan data), dsb.
2.  Tingkatan sambungan data ( Data Link Layer )
Tingkatan ini bertugas mempertahankan dan menghapus sambungan-sambungan data yaitu sambungan-sambungan phisik antara dua buah stasiun dengan tujuan untuk mempertukarkan data.Tugas utama tingkatan ini adalah  :
  • Mendeteksi awal dan akhir setiap blok data.
  • Membubuhkan alamat pada blok data
  • Mendeteksi dan memperbaiki  kesalahan pengiriman
  • Pengelompokan bit-bit kedalam karakter-karakter, frame-frame pesan.
3.  Tingkatan Jaringan ( Network Layer).
Tingkatan ini meyakinkan bahwa data yang datang dari lapisan atasnya (Transport) dikirim melalui  sambungan jaringan yang tepat. Fungsi utamanya  adalah :
  • Routing dan relaying jaringan yang ada.
  • Menyediakan fungsi-fungsi switching dan routing
  • Membangun, mempertahankandan mengakhiri sambungan layer jaringan.
4.  Transport Layer ( Tingkatan transport )
Tingkatan ini memberi layanan transport pada lapisan diatasnya. Tugas-tugas utamanya adalah :
  • Menyediakan control end to end dalam information interchange dengan kwalitas service yang diperlukan oleh aplikasi program. 
  • Mengirim data yang sedang dipertukarkan 
5. Session Layer (Tingkatan session)
Pada lapisan ini menyediakan mekanisme untuk mengorganisasi dan membuat struktur dialog antara proses aplikasi, menyediakan sinkronisasi dan teknik untuk struktur untuk pertukaran data.Tugas terpenting tingkatan session  adalah menciptakan , mempertahankan dan memutuskan (Clearing) sambungan logic /jalur komunikasi untuk mengirim data antar proses-proses aplikasi  ( pemakai akhir ).
6. Presentation layer ( Tingkatan presentasi )
Tingkatan ini dipakai untuk mengkonversi data yang ditawarkan oleh aplikasi kedalam bentuk format yang secara umum dapat diterapkan untuk mengirim data , sebaliknya jika data diterima di  tingkat presentasi untuk sebuuah aplikasi  dikonversi ke format yang digunakan aplikasi yang bersangkutan .
7. Aplication Layer ( Tingkatan aplikasi )
Merupakan representasi dari program aplikasi , operator terminal, peralatan peripheral merupakan pemakai akhir. Tingkatan lain dari model OSI mendukung tingkatan aplikasi.Dapat disimpulkan bahwa tingkatan yang berorientasi pada aplikasi adalah aplikasi, presentasi dan session.Tingkatan yang berorientasi pada komunikasi adalah tingkatan physical, sambungan data dan jaringan.



0 komentar:

Posting Komentar