Minggu, 02 Juni 2013

Alat Ukur Radiasi Matahari


A.    KLASIFIKASI RADIASI

     Radiasi adalah Energi yang dikeluarkan, dipancarkan atau diterima berupa gelombang atau partikel-partikel elektromagnetik. 

Berdasarkan asal / sumbernya radiasi dapat dibedakan kedalam  tiga klasifikasi yaitu :

1.      Radiasi Solar adalah Radiasi yang dikeluarkan oleh Matahari. Kira-kira 99.9 persen dari radiasi ini berupa energy elektromagnetik dengan panjang gelombang antara 0.15 s/d 4.0 microns dengan persentasi tertinggi pada intensitas 0.4 s/d 0.7 microns berupa cahaya . selebihnya berupa energy elektromagnetik Infrared dan Ultra violet.
Radiasi Solar yang menembus lapisan terendah atmosphir dapat juga dibedakan dalam beberapa kelas :
a.  Radiasi Solar Langsung yaitu Radiasi Solar yang datang dari sudut bulat cakram matahari.
b.      Radiasi Solar Global yaitu Radiasi Solar yang diterima oleh permukaan horizontal berupa radiasi solar langsung dan radiasi yang dihamburkan kearah bawah sewaktu melewati lapisan atmosphir.
c.       Sky Radiasi yaitu Radiasi Solar yang dihamburkan kearah bawah oleh lapisan atmosphir (bagian kedua dari radiasi global).
d.      Radiasi Solar Yang Dipantulkan yaitu Radiasi Solar yang dipantulkan kearah atas oleh permukaan bumi dan dihamburkan oleh lapisan atmosphir antara permukaan bumi dan titik pengamatan.

2.      Radiasi Terrestrial adalah Radiasi yang dikeluarkan oleh planet bumi termasuk atmosphirnya, sehingga radiasi terrestrial dapat dibedakan dalam dua kategori :
a.       Radiasi Permukaan Terrestrial adalah radiasi yang dikeluarkan oleh  permukaan bumi.
b.      Radiasi Atmosphir adalah radiasi yang dikeluarkan oleh atmosphir.

3.      Radiasi  Total adalah Jumlah Radiasi Solar dan Terrestrial. (kadangkala dibedakan dalam dua pengertian sesuai kebutuhan, yaitu : radiasi gelombang pendek < 4 µm. dan radiasi gelombang panjang > 4 µm).

B.     INSTRUMEN-INSTRUMEN PENGUKUR RADIASI METEOROLOGICAL

 Instrumen yang dipergunakan untuk mengukur radiasi umumnya disebut “RADIOMETER”. Atau “RADIOGRAPH”.Instrumen – instrumen yang umum digunakan untuk mengukur radiasi fluk kearah bawah dan kearah atas per satuan satuan luas ( radiant flux density) dan perbedaan-perbedaan mereka adalah sebagai berikut :
 1.   Pyrheliometer adalah instrument yang digunakan untuk mengukur intensitas radiasi solar langsung (direct solar radiation) pada kejadian normal.
Pyrheliometer juga merupakan instrument standard utama.

  1. Pyranometer : Instrumen untuk mengukur radiasi solar global atau radiasi sky.
  1. Pyrgeometer : Instrumen untuk mengukur radiasi atmosphir net pada suatu permukaan hitam horizontal mengarah keatas pada batas ambang temparatur udara.
     4. Pyrradiometer : Instrumen untuk mengukur solar dan terrestrial  radiasi

  1. Net Pyrradiometer : Instrumen untuk mengukur net radiasi dari total radiasi kearah bawah dan kearah atas (solar, permukaan terresterial dan atmospherir) yang melalui permukaan horizontal.
    6.   Net Pyranometer : Instrumen untuk mengukur perbedaan daripada radiasi solar yang jatuh pada kedua sisi permukaan horizontal.

0 komentar:

Poskan Komentar