Sabtu, 01 Juni 2013

Open System Interconnection (OSI)


 Model Referensi OSI
      Sebelum mengenal Router, perlu mengetahui model-model lapisan jaringan. ISO  (International  Standart Organization) mengeluarkan model referensi  Open system  Interconnection ( OSI ) . Didalam model ini proses pengolahan data dibagi dalam 7 lapisan  (layer) atau bias disebut arsitektur lapisan .
      Model referensi OSI mempunyai fungsi sbb :
1.      Physical  layer  ( layer 1 ) :  melayani transmisi data biner melalui jalur-jalur komunikasi.
Lapisan ini bertanggung jawab  untuk mengaktifkan dan mengatur  physical interface jaringan komputer ( hubungan  DTE – DCE ) misalnya : 10 Base T, V.35, X.21
2.      Data link Layer ( Layer 2 )
Lapisan ini mengatur topologi jaringan, error correction dan flow control. Switch dan Bridge bekerja dilapisan ini . Lapisan ini mengubah bit-bit menjadi frame-frame maupun menguraikan paket-paket menjadi frame dari lapsan diatasnya.
Frame mempunyai beberapa elemen yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri, sebagai contoh  frame Ethernet IEEE 802.3.
Gambar  Frame Ethernet IEEE 802.3 :


Preamble         DA                  SA                   Length                         Data      FCS
8 byte              6 byte              6 byte              byte                            
 
Preamble Preamble jkhkhhjhjhjhghghghghgPPry



Keterangan      :
 - Preamble berfungsi  untuk menandakan awal frame
- DA ( Destination Address ) alamat penerima/ yang dituju
- SA ( Source Address alamat pengirim / asal
- Length Byte memberi jumlah byte data
- Data adalah pesan utama yang dikirim
- FCS ( Frame checks Sequence ) untuk memeriksa apakah  frame diterima dengan baik dengan menggunakan metode CRC ( Cyclick redundancy checksum  yang membandingkan nilai checksum dari frame yang dikirim dan yang diterima. 
3.      Network Layer ( Layer 3 )
Lapisan ini meneruskan paket dari node ke node lainnya dalam jaringan komputer, selain itu berguna untuk pengaturan  pemberian alamat , peralatan jaringan memilih jalur terbaik dan meneruskan paket . Pada lapisan ini segmen-segmen diubah menjadi paket-paket dengan menambah informasi mengenai alamat kogika / ip address yang dituju.Router bekerja pada lapisan ini 
4.      Transport Layer  ( Layer 4 )
Lapisan ini bertanggung jawab atas keutuhan transmisi data , bertugas untuk memisahkan lapisan tingkat atas dan bawahnya. Pada lapisan ini data diubah menjadi segmen/ data stream .
Contoh : Untuk hubungan connection oriented  ditunjang oleh TCP/IP
5.      Session Layer  ( Layer 5 )
Lapisan ini membuka, mengatur dan menutup lapisan session antara aplikasi-aplikasi protocol yang berfungsi pada lapisan ini a.l  RPC, SQL, X Windows, dll.
6.      Presentation Layer ( Layer 6 )
Lapisan ini bertanggung jawab untuk presentasi grafik, visual, image dan memberi sarana-sarana pelayanan konversi, format, encripsi data, seperti file format ASCII, JPEG, MPEG, MIDI, dsb.
7.      Aplication Layer ( Layer 7 )
Lapisan ini bertugas memberikan saran-saran pelayanan jaringan komputer untuk aplikasi-aplikasi pemakai dan mengadakan komunikasi dari program ke program. Contoh FTP, Telnet, e-mail, browsing ke internet.

0 komentar:

Posting Komentar